Akhir-akhir ini mengajukan pinjaman gadai BPKB mobil di pegadaian seolah telah menjadi tren untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal idealnya, pengajuan pinjaman untuk keperluan mendesak dan butuh dana tunai sesegera mungkin, bukan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Biasanya mereka akan mengajukan pinjaman ke bank atau gadai BPKB mobil di pegadaian. Kedua tempat ini dianggap solusi terbaik untuk mendapatkan dana tunai dalam waktu singkat. Bahkan untuk gadai BPKB mobil, dana bisa cair dalam waktu 1-2 hari dengan persyaratan ringan. Apakah cara ini aman?

 

Cara ini dianggap aman asalkan Anda menggadaikan BPKB di perusahaan resmi dan jelas reputasinya. Mengingat banyaknya penipuan berkedok kredit dengan layanan cepat dan BPKB kendaraan sebagai jaminannya, Anda juga perlu hati-hati saat memilih perusahaan pembiayaan. Berbekal kantor kecil mereka berani menawarkan proses dana cepat bahkan tanpa survei.

Jika Anda tidak teliti dalam memilih perusahaan pembiayaan, maka jaminan BPKB Anda pun akan lenyap. Bagi orang yang benar-benar membutuhkan dana cepat karena kondisi darurat, biasanya mereka mengabaikan kriteria memilih perusahaan gadai resmi. Asal dana cepat cair, mereka pun dengan mudahnya memberikan BPKB sebagai jaminannya.

Sebagai nasabah yang cerdas, ada baiknya Anda waspada terhadap praktek gadai BPKB mobil di pegadaian berikut ini:

1. Alamat kantor dan pengurus perusahaan tidak jelas.

2. Layanan pinjaman terlalu cepat, 1 jam cair. Secara logika, pengumpulan berkas persyaratan kredit pun tidak bisa selesai dalam waktu 1-3 jam.

3. Status izin tidak lengkap. Izin usaha belum terdaftar di OJK dan APPI.

4. Kredit dilakukan tanpa survei. Hal ini tentu tidak menggambarkan kondisi analisa kredit yang komprehensif. Dari hal ini, Anda bisa tentukan sendiri bagaimana reputasi perusahaan tersebut.

5. Keamanan penyimpanan BPKB tidak jelas. Anda bisa menanyakan lokasi penyimpanan BPKB, apakah disimpan di kantor tersebut atau kantor pusat.

Itulah beberapa hal yang bisa menggambarkan perusahaan pembiayaan yang ilegal. Untuk menghindari penipuan, pastikan Anda gadai BPKB mobil di pegadaian yang sudah terdaftar di OJK dan APPI. Lihat juga kondisi kantor, pelayanan, dan fasilitas yang ditawarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Tidak Bisa Klik Kanan!