Tips kali ini Cara Bijak Menggunakan Uang THR dihari Menjelang Hari Raya Lebaran, selalu ada yang dinanti yaitu Tunjangan Hari Raya (THR). Setelah mendapatkan THR, Andapun mulai memikirkan barang-barang baru: baju baru, celana baru, pokoknya segala sesuatu yang baru. Dengan pola pikir yang demikian, maka uang THR pun akan ludes dalam waktu singkat dan kurang bermanfaat. Berikut 5 cara bijak bagi Anda dalam menggunakan uang THR supaya penggunaannya lebih bermanfaat:

 

Cara Bijak Menggunakan Uang THR

Cara Bijak Menggunakan Uang THR

1. Prioritaskan untuk Bayar Hutang

Sebaiknya prioritaskan sejumlah uang THR ini untuk membantumu melunasi hutangmu. Mempunyai hutang yang berlarut-larut hanya akan memberatkan keadaan finansial Anda. Anda akan semakin sulit menabung karena pendapatanmu selalu dipakai untuk membayar hutang. Jadi selagi punya uang tambahan, segera alokasikan untuk membayar hutang.

2. Pisahkan Uang untuk Ditabung

Seringkali permasalahan utama yang menghalangi Anda untuk menabung adalah karena tidak punya sisa uang untuk ditabung. Nah, Uang THR ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan yang bisa membantu Anda meningkatkan jumlah tabungan yang tadinya hanya segitu-gitu saja. Sisihkan langsung di depan sejumlah uang THR yang didapat sebelum terpagkai.

3. Gunakan untuk Hari Raya

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya, maka uang ini memang ditujukan untuk digunakan pada Hari Raya Lebaran karena pengeluaran pasti akan bertambah. Jadi manfaatkan penggunaannya untuk keperluan Lebaran, seperti membeli tiket mudik, kue-kue lebaran, maupun sejumlah angpau untuk saudara-saudara (bila memang sudah jadi kebiasaan). Kendalikan pengeluaran Anda dengan bijak. Jangan berlebih, tapi jangan sampai juga jadi pelit.

4. Sisihkan untuk Investasi

Sisihkan uang THR-mu untuk modal investasi ketimbang memenuhi hasrat belanja. Dengan begitu, uang THR jadi semakin bermanfaat dalam kehidupan finansial kamu. Ditambah lagi, modal ini kamu dapatkan secara cuma-cuma, maka keuntungan kamu jadi berlipat kali ganda.

5. Gunakan untuk Tujuan Sosial

Gunakan THR untuk menuaikan kewajiban membayar zakat di hari raya, menyantuni maupun kegiatan sosial lainnya. Momen lebaran adalah momen yang tepat Anda berbagi kebahagiaan ke orang lain yang kurang beruntung. Cukup dengan porsi 2,5-5% dari THR saja, Anda akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih hakiki ketimbang kebahagiaan belanja impulsif yang biasanya hanya sesaat. Selamat ber-THR dengan bijak

error: Tidak Bisa Klik Kanan!